Ternyata, Ini Loh 4 Manfaat Jagung untuk Kesehatan

Jagung menjadi salah satu pilihan makanan pokok yang populer di Indonesia. Soalnya, makanan ini bukan hanya memiliki rasa yang manis, tetapi juga bisa disajikan dalam bermacam-macam olahan makanan, baik jagung bakar, rebus, serta campuran lainnya yang bisa disantap sebagai menu makanan utama ataupun kudapan. Apalagi, jagung bukan hanya mengenyangkan perut kita saja, tetapi juga mengandung nutrisi yang kaya dan memiliki beragam dampak positif untuk tubuh. Lantas, apa saja sih 4 manfaat yang bisa kita dapatkan dari jagung untuk kesehatan kita? Berikut ini ulasannya!

1. Memelihara kesehatan mata kita

Jagung memiliki rasa yang manis dan gurih serta kaya akan vitamin B dan vitamin C. Vitamin C pada jagung berperan penting untuk memberikan manfaat kesehatan dalam hal meregenerasi sel-sel yang rusak serta meningkatkan sistem imun tubuh. Apalagi, ada juga sifat anti penuaan pada vitamin yang satu ini. Sementara itu, vitamin B memiliki manfaat yang besar untuk proses pengolahan energi. Hal yang juga tidak kalah menarik adalah adanya kandungan karotenoid berupa beta karoten, zeaxanthin, serta lutein yang dapat menunjang kekebalan tubuh kita serta baik untuk memelihara kesehatan mata. Bahkan, kadar dua karotenoid yang tinggi ini akan menurunkan risiko adanya degenerasi makular maupun katarak.

2. Memiliki kandungan yang aman untuk gula darah

Ternyata, jagung juga bermanfaat untuk menjaga kadar gula dalam darah kita. Soalnya, jagung sendiri memang memiliki kandungan karbohidrat sebagai komposisi utama sehingga sering dijadikan sebagai makanan pokok. Akan tetapi, berbeda dari kandungan karbohidrat yang bisa kita temukan pada olahan seperti roti dan nasi putih, karbohidrat pada jagung tidaklah menguras energi secara cepat, melainkan dapat memberikan asupan energi untuk jangka waktu yang lama. Hal ini tidak lain disebabkan oleh kandungan karbohidrat kompleks yang ada pada jagung. Bukan hanya itu saja, jagung pun memiliki kandungan serat dan protein. Melalui tiga jenis nutrisi pada tubuh ini, jagung akan mudah untuk dicerna.

3. Menghindari dari risiko penyakit jantung

Seperti yang kita tahu, jagung memiliki kandungan antioksidan yang dapat berperan penting untuk mengurangi kadar tekanan dalam darah yang tinggi. Makanya tidak heran apabila jagung dapat berfungsi melindungi serta mengurangi risiko terjadinya masalah penyakit jantung. Apalagi, penyakit jantung dan tekanan darah tinggi juga saling terkait satu sama lain. Soalnya, hipertensi dapat menjadi penyebab terkena penyakit jantung. Ketika tekanan darah seseorang sedang tinggi, maka orang tersebut dapat membuat kinerja jantungnya menjadi lebih berat. Dalam jangka waktu yang lama, hal ini akan berdampak pada jantung. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh dengan mengkonsumsi jagung.

4. Mengurangi risiko terkena kanker

Sebagai salah satu orang yang sudah sering mengonsumsi jagung, tentu kita sudah familiar dengan rasa kenyang yang dapat muncul bahkan ketika kita hanya menyantap satu bonggol saja. Soalnya, ada kandungan serat yang cukup tinggi. Nah, jagung pun berperan penting untuk pertumbuhan bakteri yang ramah pada usus besar kita yang kemudian akan mengubah menjadi SCFA alias asam lemak rantai pendek. SCFA sendiri berperan penting untuk mengatasi masalah kesehatan, salah satunya seperti risiko terkena kanker usus.

Nah, manfaat jagung tentu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kita. Maka dari itu, pastikan kita selalu mendapatkan jagung dari TaniHub, sebuah platform online tempat belanja sayur dan buah terpercaya.

SEOAgency

SEOAgency.co.id Melayani: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

Email: [email protected]

WA: 081221080222

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?