Cara Investasi Reksadana Secara Online, Aman dan Nyaman

Saat ini banyak anak muda yang sudah mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Hal ini dikarenakan mereka memiliki keinginan untuk bebas beban finansial saat memasuki usia yang sudah tidak lagi produktif. Dalam hal ini, ada banyak jenis investasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah reksadana yang dinilai mudah dan banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu, kini telah tersedia berbagai cara investasi reksadana yang sudah banyak disediakan oleh berbagai financial institution, sehingga mampu memberikan kemudahan dalam melakukan investasi sedini mungkin. 

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana cara investasi reksadana, mari membahas mengenai beberapa jenis reksadana yang dapat kamu pilih sebagai instrumen investasi seperti: 

  • Reksadana pasar uang dimana alokasi dana disebar ke beberapa instrumen pasar uang seperti deposito berjangka, Surat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan obligasi. Jatuh tempo reksadana pasar uang kurang dari satu tahun , sehingga cenderung lebih aman. 
  • Reksadana pendapatan tetap adalah dana yang minimal 80% dialokasikan ke obligasi. Mengenai keuntungan yang diperoleh lebih tinggi dan dapat mencapai lebih dari 10% setiap tahunnya.
  • Reksadana campuran mengalokasikan dananya di berbagai instrumen keuangan sekaligus, seperti obligasi, deposito, pasar uang dan saham
  • Reksadana saham mengalokasikan dana minimal sebesar 80% ke berbagai efek saham dan sisanya 20% ditempatkan ke pasar uang. 

Reksadana adalah paket investasi dimana pengelolaan instrumen investasinya dilakukan oleh Manajer Investasi yang sudah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa kelebihan dari reksadana adalah dengan adanya verifikasi investasi, dimana Manajer Investasi akan mengelola dana investor ke berbagai instrumen, sehingga tidak berfokus pada satu perusahaan saja, tapi ke beberapa perusahaan. Hal ini dikarenakan untuk menjaga apabila terjadi penurunan nilai suatu saham di salah satu perusahaan, maka tidak akan mengalami penurunan secara bersamaan. Selain memberikan keuntungan yang cukup besar, reksadana juga merupakan instrumen yang mudah diakses.

Sebelum kamu membeli reksadana, kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan berinvestasi. Tujuan ini akan berpengaruh terhadap jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang akan dipilih. Setelah menentukan itu semua, maka tujuan kamu akan lebih terarah dengan baik sesuai kebutuhan dan apa yang direncanakan tentu sesuai dengan tujuan. Reksadana bersifat luas, maka kamu harus mempersempit ruang gerak agar lebih terfokus dan jelas. 

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan tujuan yang jelas dalam berinvestasi, yaitu: 

  • Pilih platform 

Dalam memulai investasi reksadana, kamu bisa melakukan cara investasi reksadana dengan simple dan efektif melalui digital banking yang memberikan layanan kegiatan perbankan melalui media digital. Dalam hal ini, bank DBS hadir memberikan layanan digital banking dengan platform aplikasi digibank by DBS yang memiliki sajian lengkap investasi ala rumah makan padang. Pemilihan kategori investasi lebih mudah dan berkinerja terbaikterpopuler dan scoring terbaik. Di Aplikasi digibank by DBS kamu dapat melakukan pembelian secara berkala dan flexible. Beli, jual dan switch dapat digunakan dalam satu aplikasi.

  • Memilih jenis reksadana

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, ada beberapa jenis reksadana. Dalam hal ini, kamu dapat memilih beragam produk reksadana melalui Aplikasi digibank by DBS yang mampu menyediakan lebih dari 50 produk reksadana dalam satu genggaman. Sehingga dapat memudahkan kamu untuk memilih jenis reksadana sesuai kebutuhanmu.

  • Tentukan jangka waktu

Jangka waktu yang dibutuhkan untuk berinvestasi reksadana berbeda-beda. Ada yang memiliki jangka kurang dari satu tahun, satu sampai tiga tahun, dan lebih dari lima tahun. Pilihlah jangka waktu yang sesuai kebutuhan dan tujuan kamu dalam berinvestasi.

  • Deposit dana

Setelah kamu menentukan jenis reksadana untuk berinvestasi dan jangka waktunya, kamu bisa melakukan deposit dana di rekening yang terdaftar di Aplikasi digibank by DBS dengan modal awal mulai dari Rp 100.000. Setelah melakukan transfer, kamu bisa langsung melakukan pengecekan di aplikasi apakah uang tersebut sudah efektif.

  • Memiliki izin OJK

Reksadana adalah investasi legal karena memiliki izin OJK. Pastikan juga aplikasi reksadana yang kamu gunakan bukan aplikasi bodong. Reksadana digibank by DBS prosesnya 100% digital di bank teraman Asia yaitu Bank DBS.

Kamu tidak perlu keluar rumah dan pergi ke bank untuk melakukan transaksi reksadana, karena dengan Aplikasi digibank by DBS 100% online, aman dan nyaman.  Kamu dapat mengunduh Aplikasi digibank by DBS dengan menggunakan ponsel berbasis Android atau iOS, sehingga memudahkan kamu untuk melakukan pengecekan portofolio reksadana dan investasi lainnya dimana saja dan kapan saja. Dengan memahami instrumen investasi yang kamu inginkan dan mengetahui cara investasi reksadana, tentunya berinvestasi menjadi sangat menyenangkan. Secara sadar kamu memahami betul apa yang harus kamu lakukan ketika sudah menentukan pilihan. Kamu pun akan belajar mengenai jenis investasi lainnya selain reksadana dan dapat meningkatkan level cara kamu berinvestasi beragam produk hanya dalam satu Aplikasi digibank by DBS. Kamu akan semakin lebih pintar untuk urusan keuangan sehingga terhindar dari inflasi dan siap menghadapi masa depan yang cerah dan bebas secara finansial.

SEOAgency

SEOAgency.co.id Melayani: Jasa SEO, Jasa Backlink, Jasa Blogroll, Jasa Content Placement, Jasa Press Release dan Jasa Penulis Artikel.

Contact

PT. SEO Digital Indonesia

Email: [email protected]

WA: 081221080222

Open chat
1
Hallo,

Ada yang bisa Kami Bantu?